iPhone vs. Android, Lebih Baik Mana?

apple-vs-android-010700

Pada artikel ini, akan dibandingkan kemampuan dari masing-masing smarthphone berdasarkan fiturnya :

  • Login

TouchID fingerprint sensor milik Iphone telah membuat kesulitan dalam membuka lockscreen menjadi mudah. Beberapa Android memiliki fitur serupa, beberapa lainnya memiliki fitur “Smart Lock” yang menggunakan rekognisi wajah atau lokasi namun fitur ini membuatnya kurang aman.

  • Membuat Panggilan

Kontak Favorit terlihat lebih baik di dalam Android, disusun berdasarkan orang yang paling sering dihubungi, namun FaceTime dari iPhone merupakan fitur yang killer.

  • Cek Waktu

Android dan iPhone menunjukan waktu ketika pengguna menekan tombol kunci, namun banyak Smartphone Android yang memiliki cara lebih baik dalam menunjukan waktu seperti Motorola, Samsung, dan HTC yang memiliki smart cover dan sensor yang secara otomatis menunjukan waktu disaat pengguna menarik smartphone dari kantong, adapun fitur lain Android yang membiarkan layarnya terjaga dengan menunjukan waktunya saat melakukan charging.

  • Mengambil Foto/Video

Kamera Android bervariasi dari yang paling baik dan buruk. Kamera iPhone kualitasnya terjaga, tetapi me-manage foto jauh lebih baik dan lebih murah menggunakan Android. Google Photos memberikan kapasitas tak terbatas secara gratis sedangkan iCloud milik Apple tidak.

  • Keyboard

Fitur keyboard Android masih lebih baik dari Apple berkat fitur swipe gestures dan punctuation.

  • Penggunaan Aplikasi

Interface penampilan aplikasi pada Android lebih baik dari Apple. Android membiarkan pengguna mengorganisasi aplikasi dengan memiliki hal penting diletakan di home screen dan menyembunyikan aplikasi yang kurang berguna di app drawer atau biasa kita sebut menu. Widget pada Android juga lebih berguna dari pada milik Apple.

  • Notifikasi

Pada iPhone,pengguna dapat merespon langsung dari dalam notifikasi, sesuatu yang tidak dimiliki Android. Namun pada Android, notifikasi bisa diatur berdasarkan prioritas dan notifikasi akan ada di bagian paling atas, lalu menunjukan konten dari notifikasi prioritas tersebut dan meminimal kan notifikasi lain yang tidak penting.

  • Pemutar Lagu

Apple Music memang tidak memiliki opsi gratis namun berintegrasi dengan sangat baik dengan iTunes.

  • Cek E-mail

Tampilan dari gmail “material design” membuat pengguna dapat menjelajahi email lebih baik , switch akun yang lebih mudah.

  • Kontak

Kontak pada Android lebih mudah untuk di navigasi dan foto-fotonya membuat pengguna lebih mudah dalam mencari kontak yang ingin dicari. iPhone otomatis terhubung dengan Facebook dan yang lainnya, pada Android biasanya memerlukan aplikasi terpisah untuk melakukan hal tersebut.

Dan masih banyak fitur lainnya dari iPhone dan Android yang belum dibahas. Jadi, menurut kalian, yang manakah yang lebih baik ?

Referensi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s