Contoh Laporan Ilmiah

BAB I

PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang

Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit internet. Internet telah digunakan untuk mempermudah berbagai macam kesulitan terutama dalam aspek komunikasi. Salah satu keunggulan dari internet teknologi Website . Website adalah halaman berbasis web yang di akses melalui World Wide Web . Situs-situs berbasis web ini berguna untuk melakukan berbagai macam kegunaan seperti mempromosikan suatu hal ataupun sarana dalam melakukan sesuatu, seperti pendaftaran.

Jakusai, singkatan dari Jakuen No Bunkasai, adalah sebuah festival yang juga merupakan ajang perlombaan benuansa Jepang yang diadakan untuk masyarakat umum dan dapat diikuti oleh berbagai generasi. Acara ini diadakan oleh organisasi Jakuen yang ada pada SMA Negeri 2 Bekasi. Jakusai diadakan setiap tahun di lokasi tertentu. Di dalam Jakusai terdapat beberapa lomba yang dapat diikuti diantaranya adalah lomba LCT, Kana, Doujinshi, Cosplay, Karaoke, dan masih ada lagi. Informasi tentang Jakusai selama ini disampaikan melalui surat undangan, dan poster yang hanya dapat dilihat oleh sekalangan orang. Lomba-lomba yang diadakan jakusai tentunya memiliki proses pendaftaran untuk tiap-tiap lombanya. Selama ini pendaftaran yang di lakukan pada acara ini dilakukan secara pencatatan di tempat dan pendaftar yang jauh dari lokasi pendaftaran memiliki kesulitan dalam mencapai lokasi. Tidak hanya itu, pendaftar juga mengalami kesulitan dalam menyerahkan berkas persyaratan lomba.

Berdasarkan kondisi tersebut, penulis tertarik untuk membuat website yang dinamis sebagai sarana untuk mempromosikan, dokumentasi, serta membantu pendaftaran lomba dari acara Jakusai. Website ini dibuat sebagai alternatif untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi seputar Jakusai dan mendaftar di perlombaan Jakusai. Aplikasi ini dituangkan dalam bentuk penulisan yang berjudul “Web Pendaftaran Jakuen No Bunkasai menggunakan PHP dan MySQL”.

1.2 Batasan Masalah

Pada penulisan ini batasan pembuatan website yang akan dibuat terdiri dari halaman home, dokumentasi, register, kritik & saran, dan about us.   Pada bagian register akan dipaparkan aturan dari lomba – lomba yang ada. Pengolahan data peserta akan dibuat menjadi laporan. Pengguna dalam aplikasi ini dikelompokan menjadi dua yaitu pengunjung dan admin. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan MySQL sebagai database, Apache sebagai web server dan Dreamweaver sebagai editor.

1.3 Tujuan

Tujuan dari penulisan ini adalah membuat aplikasi pendaftaran dan informasi berbasis web dari acara Jakusai, yang di harapkan dapat membantu mengolah data peserta serta mempromosikan acara Jakusai , memberikan informasi dan membantu dalam hal pendaftaran untuk calon peserta.

1.4 Metode Penelitian

Hardware yang digunakan dalam pembuatan web ini adalah AsusPro PU451LD-W0160G, prosessor intel core i7 dengan RAM 4GB dan harddisk 1TB, spesifikasi tersebut sesuai dengan notebook yang digunakan. Sedangkan software yang digunakan adalah XAMPP terdiri dari PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai databasenya dan Apache sebagai web server.

Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah SDLC (System Development Life Cycle), memiliki beberapa tahapan yaitu :

  1. Perencanaan

Pada tahap ini penulis melakukan studi lapangan dengan wawancara langsung kepada panitia dari acara Jakusai, mencatat kebutuhan panitia dan peserta. Studi pustaka juga diperlukan untuk membuat website yang dinamis dan interaktif.

  1. Analisa

Data yang telah diperoleh selanjutnya akan diolah untuk mengidentifikasi input, output maupun proses yang diperlukan oleh sistem. Penulis akan melakukan studi pustaka untuk mendefinisikan kebutuhan sistem. Untuk membantu menganalisis digunakan beberapa diagram antara lain :

  1. Entity Relationship Diagram
  2. Data Flow Diagram
  3. Desain

Pada tahap ini penulis mulai melakukan pembuatan code menjadi software yang akan dibuat . Penulis mulai merancang alur tampilan dan tampilan dari masing-masing halaman dengan struktur navigasi lalu storyboard.

  1. Implementasi

Penerapan sistem yang telah dibuat dengan mengupload website dan telah melalui proses pengetesan terlebih dahulu terutama untuk calon peserta dan panitia.

BAB II

LANDASAN TEORI

Bagian ini menjelaskan tentang teori-teori yang digunakan dalam penulisan ini seperti PHP, MySQL, ERD, dan Struktur Navigasi.

BAB III

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Bagian ini menjelaskan langkah-langkah pembuatan website sampai cara mengupload website meliputi ERD, Struktur Navigasi,  dan software yang digunakan.

BAB IV

PENUTUP

Berisi kesimpulan  mengenai tulisan ilmiah ini dan saran tentang pekembangan dari tulisan ilmiah ini.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s