Proposal Non Ilmiah – Proposal Sponsor

PROPOSAL SPONSOR ACARA JAKUSAI

LATAR BELAKANG

Jepang adalah negara yang terkenal dengan berbagai macam teknologi-teknologi yang canggih dan diakui oleh seluruh dunia. Namun, Jepang tidak hanya terkenal karena teknologinya, tapi juga  terkenal karena keanekaragaman budayanya.

Jepang adalah negara yang memiliki banyak sekali budaya yang beraneka ragam. Salah satunya adalah budaya Bunkasai. Bunkasai adalah festival budaya yang diadakan di sekolah-sekolah Jepang. Pada umumnya SMA-SMA di Jepang mengadakan bunkasai saat ulang tahun sekolahnya. Biasanya, tiap kelas menyiapkan sebuah penampilan kebudayaan. Ada juga yang merubah kelasnya menjadi Obake (rumah hantu), stand-stand makanan, dan lain sebagainya. Kini, Bunkasai  tidak hanya diadakan di sekolah Jepang, namun juga di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Dalam rangka ulang tahun SMA Negeri 2 Bekasi yang ke-29, kami sebagai ekstrakulikuler Jepang di SMA Negeri 2 Bekasi berencana untuk menyelenggarakan bunkasai. Bunkasai yang tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan budaya Jepang ke siswa/siswi SMA/sederajat di daerah kota Bekasi dan sekitarnya, tetapi juga bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik antara negara Indonesia dengan negara Jepang, menambah wawasan, menghibur, dan mempertemukan para pecinta budaya Jepang se-Indonesia

Untuk mewujudkan kegiatan positif di atas, maka kami bermaksud untuk menyelenggarakan  bunkasai. Pada kesempatan ini kami akan menyelenggarakan bunkasai yang diberi nama JAKUSAI (Japan Kurabu no Bunkasai). Acara ini akan kami selenggarakan dengan nuansa perpaduan kebudayaan antara Indonesia dan Jepang, melalui tema “Hajimete no Bunkasai” . Kami berusaha memperkenalkan kebudayaan Jepang tanpa melupakan kebudayaan Indonesia.

Tentunya dalam menyelenggarakan kegiatan ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar, maka kami memohon bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik dari dalam maupun luar lingkungan sekolah agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

PROFIL SMA NEGERI 2 KOTA BEKASI

                Kami perkenalkan, SMA Negeri 2 Kota Bekasi. Sekolah ini berdiri tegak di jantung kota Bekasi tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu Nomor 1, Bekasi Selatan. Sekolah ini telah berdiri selama 29 tahun yaitu pada tanggal 2 April 1983. Seiring dengan perkembangannya, SMA Negeri 2 Kota Bekasi terus berkembang menjadi Sekolah yang Terakreditasi A dan berstandard Sekolah Nasional yang akan menjadi Sekolah Berstandard Internasional.

Seleksi penerimaan siswa/i SMAN 2 Bekasi ini diikuti oleh + 2500 peserta setiap tahunnya dan hanya 400 siswa yang terpilih melalui proses penyaringan yang ketat. Sehingga kualitas siswa/i SMAN 2 Bekasi dapat dipastikan berada diatas rata-rata. Terbukti dengan banyaknya perlombaan dan penghargaan yang diraih oleh siswa/i SMAN 2 Bekasi. Karena itu hingga saat ini SMA Negeri 2 Bekasi tetap memiliki gelarnya sebagai SMA terfavorit di Bekasi.

PROFIL JAKUEN

Japan Kurabu Etniez (JAKUEN). Ekstrakulikuler bahasa Jepang di SMA Negeri 2 Kota Bekasi ini telah ada selama 2 tahun yaitu pada tanggal 8 September 2010. Seiring dengan perkembangannya, JAKUEN terus berkembang menjadi ekstrakulikuler bahasa Jepang yang memiliki reputasi yang baik di kalangan ekstrakulikuler bahasa Jepang se-Kota Bekasi. Kami juga memiliki beberapa prestasi dan inilah sebagian prestasi yang telah diraih, yaitu :

  • Juara II lomba LCT Inobu 4 SMAN 1 Bekasi
  • Juara II lomba Kana Inobu 5 SMAN 1 Bekasi

TEMA ACARA

“Hajimete no Bunkasai”

TUJUAN ACARA

  • Meningkatkan pengertian masyarakat tentang budaya Jepang
  • Melaksanakan program kerja Jakuen periode 2011/2012
  • Mendukung kerjasama antara Jepang-Indonesia
  • Memperkenalkan ekskul Jakuen
  • Mengembangkan kreativitas

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN 

Kegiatan ini kami selenggarakan pada :

Hari                        :  Minggu

Tanggal                 :  17 dan 24 Juni 2012

Waktu                   :

  1.  Minggu, 17 Juni 2012, pukul 08.15-13.15 WIB
  2.  Minggu, 24 Juni 2012, pukul 08.00-18.00 WIB

Tempat                :  SMA Negeri 2 Bekasi

SASARAN KEGIATAN

         Segenap masyarakat di kota Bekasi dan Sekitarnya ( + 1000 orang )

BENTUK KEGIATAN

Minggu, 17 Juni 2012

Lomba :

  • Lomba Cepat Tepat

Lomba ini merupakan lomba pengetahuan umum tentang kebudayaan Jepang yang mempersertakan murid SMA/sederajat di kota Bekasi dan sekitarnya untuk mengasah kemampuan, kecepatan, dan ketepatan para peserta LCT.

  • Lomba Kana

Lomba ini merupakan lomba pengetahuan bahasa Jepang yang mengutamakan penggunaan dan pemahaman hiragana, katakana, dan kanji yang mempersertakan murid SMA/sederajat di kota Bekasi dan sekitarnya.

  • Lomba Karaoke

Lomba ini diselenggarakan untuk menyalurkan minat dan bakat murid SMA/sederajat di kota Bekasi dan sekitarnya dalam menyanyikan lagu Jepang.

Minggu, 24 Juni 2012

  • Bazaar

Bazaar ini dilaksanakan dalam bentuk stand, yang terdiri dari stand-stand pihak luar dan stand-stand sponsor JAKUSAI. Barang-barang dan makanan yang dijual diantaranya adalah barang-barang yang dapat memperkenalkan budaya Jepang dan makanan serta minuman khas Jepang.

  • Pertunjukan di panggung

Pertunjukan yang ditampilkan baik diatas panggung, maupun di sekitar panggung yang bertujuan menghibur para pengunjung dengan berbagai hiburan yaitu :

  1. Group Band (pemenang ke-1, ke-2, dan ke-3 audisi band)
  2. Pemenang lomba Karaoke ke-1, ke-2, dan ke-3
  3. Lomba Cosplay
  4. Opening Act
    1. Honeybeat
    2. UBE
  5. Guest Star
    1. X-Shibuya
    2. Obake
  6. Tarian tradisional Indonesia
  7. Tarian tradisional Jepang (Tarian Taiko)
  8. MC
    1. Nurul Indah Anggraini
    2. Robby Putra Prakoso
  • Obake

Replika rumah hantu Jepang yang dipersembahkan untuk para pengunjung bunkasai.

  • Pameran

Pameran ini mempertunjukkan hasil karya doujin, mading, dan mainan tradisional Jepang yang dipinjamkan oleh Japan Foundation.

ANGGARAN DANA

  • Acara                                           :  Rp 32.400.000,- 
  • Logistik                                      : Rp  20.585.000,-
  • Konsumsi                                 : Rp    2.430.000,-
  • Lomba                                         : Rp    3.950.000,-
  • Kebersihan                                : Rp       135.000,-

Total Pengeluaran                           :  Rp  59.500.000,-

PENAWARAN PARTISIPATIF

            Kami menyediakan penawaran partisipatif bentuk lain yang selanjutnya dapat dibicarakan dengan panitia.

  • Paket Sushi                :  Rp 50.000.000,-
  • Paket Okonomiyaki :  Rp 35.000.000,-
  • Paket Takoyaki          :  Rp 25.000.000,-
  • Paket Dorayaki          :  Rp 15.000.000,-
  • Paket Onigiri              :  Rp  5 000.000,-

Screenshot_7

PENAWARAN ALTERNATIF

            Kami menyediakan Penawaran Alternatif bentuk lain yang selanjutnya dapat dibicarakan dengan panitia.

Screenshot_6

Screenshot_1

Screenshot_2Screenshot_3

Screenshot_4

 

PENUTUP

            Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat dengan harapan acara ini dapat terlaksana dengan lancar dan berjalan sukses serta membawa manfaat kepada pihak-pihak  masyarakat umum, khususnya seluruh pelajar di daerah Bekasi dan sekitarnya dan pihak-pihak yang telah membantu terselenggarakannya acara ini. Atas perhatian, kerjasama, dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s