5 Jenis Karangan – Karangan Deskripsi

Karangan adalah suatu bentuk karya tulis yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan kepada para pembaca. Berdasarkan tujuannya, karangan terbagi ke dalam 5 jenis karangan.

Kelima jenis karangan tersebut adalah :

  1. Karangan Deskripsi : Karya tulis yang menggambarkan suatu objek kepada pembaca, seolah pembaca merasakan hal yang digambarkan oleh penulis itu sendiri.
  2. Karangan Narasi : Karya tulis yang berupa serangkaian peristiwa disampaikan sesuai urutan waktu, dan tahapannya jelas.
  3. Karangan Eksposisi : Karangan yang berisi tentang penjelasan suatu informasi kepada pembaca.
  4. Karangan Argumentasi : Karangan yang berisikan argument dari seorang penulis tentang suatu hal.
  5. Karangan Persuasi : Karya tulis yang berisi ajakan kepada para pembaca untuk melakukan atau mempercayai suatu hal.

Contoh karangan deskripsi :

Ciput

Ciput adalah kucing ras lokal yang ada di rumahku. Nama sebenarnya adalah Iput singkatan dari Hitam dan Putih. Sesuai namanya warna yang ia miliki memang hanya hitam dan putih, namun kucing di keluargaku memiliki pola yang lucu pada wajahnya hingga entah mengapa iya dipanggil ciput. Ciput adalah anak dari kucing betina yang kunamai Emak karena ia seorang Ibu dan Pui si kucing jantan. Ciput juga memiliki adik yang bernama Puci yang baru saja lahir sekitar sebulan lalu. Ciput memiliki bulu yang sangat halus, tebal, dan panjang. Hidung Ciput merah dan kaki – kakinya berwarna putih seperti mengenakan kaos kaki. Ciput juga memiliki buntut yang sangat lurus. Ciput merupakan salah satu kucing yang paling manja di rumah ku. Ia selalu tidur di dalam rumah dan di kamar salah satu anggota keluargaku, walaupun kucing-kucing yang lain tidur di luar. Ia akan membangunkan kami setiap subuh dengan mencium-cium wajah dan mengeong di samping kuping.

Soal Keberanian, Ciput merupakan kucing paling penakut yang pernah kutemui. Bila mendengar petir ia akan sembunyi di belakang mamaku. Ia juga tidak pernah pergi jauh-jauh dari sekitar rumah. Soal makanan, Ciput tidak pernah rakus, ia adalah kucing penyayang yang menyayangi kucing-kucing lain. Ia akan membiarkan adiknya atau kucing lain mengambil makanan dia, dia juga selalu berbagi susu kepada adik kecilnya.

Referensi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s