Ciri-Ciri dan Struktur Organisasi

Pada post ini, saya akan menjabarkan ciri-ciri dari organisasi menurut saya.

Menurut hasil pencarian saya, ada beberapa ciri dari organisasi, yaitu :

  1. Adanya komponen (Atasan dan Bawahan)
  2. Adanya kerja sama
  3. Adanya tujuan
  4. Adanya sasaran
  5. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

Saya akan menjabarkannya dengan pengalaman saya.

Organisasi pasti terdiri dari beberapa orang. Hal ini disebabkan karena sulitnya/tidak mungkin mencapai tujuan secara individu. Dalam pengalaman saya adalah membuat acara jejepangan di sekolah sendiri. Organisasi kami berdiri karena ada keterlibatan banyaknya komponen atasan dan bawahan, seperti kepala sekolah, pembina, sampai dengan yang dibawah yaitu anggota. Di bawah nanti saya akan menjelaskan struktur dari organisasi.

Poin selanjutnya, kami hanya akan mencapai tujuan kami bila kami dapat berkerja-sama satu sama lain. Tujuan akan sulit atau bahkan tidak mungkin dicapai bila tidak adanya kerja sama. Contohnya, bila dalam satu organisasi, kami mengalami ketidak sepakatan pendapat, apa langkah selanjutnya dalam mencapai tujuan akan bisa terus berjalan ? dalam organisasi saya, kami sering mengalami perbedaan pendapat, atau bahkan konflik, tapi bisa kami lewati demi kemauan mencapai tujuan yang keras dan kerja-sama yang baik. Kami mendiskusikan semua masalah yang dihadapi bersama, bahkan bila masalah tersebut seharusnya tidak dialami bersama.

Adanya tujuan. Seperti yang saya bilang sebelumnya, pasti ada tujuan yang ingin dicapai bersama. Kalau tidak ada tujuan maka buat apa organisasi itu dibuat ?

Adanya sasaran. Organisasi saya saat itu memiliki sasaran yang penting. Karena kami ingin membuat acara jejepangan untuk pertama kalinya disekolah kami, sasaran atau target kami adalah untuk membuat nama ekskul kami terkenal atau paling tidak diketahui di SMA SMA bekasi. Sasaran utamanya adalah meraih pengunjung sebanyak mungkin dan membuat mereka terkesan dengan acara pertama kami, sehingga pada tahun-tahun selanjutnya, mereka akan datang lagi ke acara kami.

Keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati. Dalam berorganisasi, anggota di tuntut untuk melakukan bagian tugas yang ia miliki demi kelancaran pencapaian tujuan bersama. Lalu, berorganisasi berarti berhubungan dengan banyak orang, dan tidak hanya orang, bahkan organisasi-organisasi lain. Ini sebabnya kita harus menjaga tata tertib. Karena pada dasarnya, memang ada bentuk organisasi yang formal dan informal, tapi bila kita berhubungan dengan yang formal, maka tentu saja kita harus mengikuti tata tertib dan melakukan segala sesuat sesuai prosedur yang ada. Dengan orang lain yang satu organisasi dengan kita pun, kita harus menjaga tata tertib demi rasa kenyamanan bersama dan tidak adanya kecurigaan satu sama lain.

Pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas. Seperti yang telah dibilang sebelum-sebelumnya, demi pencapaian tujuan, maka masing-masing anggota memiliki jatah tugas nya. Jatah-jatah tugas ini tentu saja tidak asal diberikan, tetapi diberikan sesuai dengan wewenang dan kewajibannya saat memegang posisi atau jabatan tersebut.

Dibawah ini adalah struktur organisasi yang pernah saya jalani :

Struktur Organisasi Jakuen Tahun 2011/2012

Struktur Organisasi Jakuen Tahun 2011/2012

Struktur organisasi sangat penting dalam penanggung jawaban. Bisa dilihat bahwa paling atas adalah kepala sekolah yang menyetujui penyelenggaraan dari organisasi kami yang mengikut-sertakan nama dari SMA Negeri 2 Bekasi. Kepala sekolah bertanggung-jawab kepada pihak eksternal bila organisasi kami bermasalah.

Dibawahnya ada Pembina kami yang membantu kami dalam pengambilan berbagai macam keputusan. Pembina juga memberi berbagai macam saran sebelum kami mengajukan proposal atau hal-hal lainnya kepada kepala sekolah. Pembina bertanggung-jawab kepada kepala sekolah.

Ketua bersifat menengahi kami, membimbing, berkomunikasi dengan setiap anggota. Ketua tentu saja akan bertanggung-jawab kepada pembina dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam organisasi kami secara keseluruhan.

Dibawah Ketua ada empat inti yaitu :

  1. Wakil Ketua 1 , dia membawahi bagian-bagian divisi. Divisi itu sendiri adalah kegiatan-kegiatan yang kemungkinan dijalankan secara rutin oleh organisasi kami. Ada tiga divisi dibawah yaitu  Divisi Ongaku (Musik), divisi doujinshi (Cerita-gambar/Komik), divisi dorama-cosplay (Drama/Pentas & Perkostuman)
  2. Wakil Ketua 2, dia membawahi bagian-bagian sekbid (seksi bidang) per-event-an. ada dua yaitu eksternal dan Internal. Pada eksternal , anggota yang bertugas mengawasi acara-acara di luar lingkungan organisasi, dan memutuskan/menyalurkan keikutsertaan anggota dalam acara yang ada diluar. Sedangkan internal, seperti acara-acara lomba yang memang diperuntukan untuk anggota dalam sekolah, atau seperti acara jejepangan yang kami ingin capai.
  3. Sekretaris, mengurusi segala macam inventaris yang dimiliki oleh organisasi, serta penyuratan baik keluar lingkungan sekolah ataupun kedalam lingkungan sekolah.
  4. Bendahara umum, mengurusi segala macam catatan keuangan / kegiatan keuangan yang terjadi di dalam organisasi.

Struktur organisasi diatas merupakan contoh sederhana dari berbagai macam organisasi yang ada saat ini. Struktur diatas berdasarkan tahun kepengurusan yang saya alami yaitu 2011-2012.

1. sourcehttp://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-organisasi.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s