Keindahan Awan

Hey-o. Singkat saja. Di dunia ini ada berbagai macam keindahan untuk berbagai macam orang. Keindahan untuk masing-masing orang di artikan secara berbeda, namun menurut saya ada kesamaan yang membuat kita bilang ‘hal’ tersebut indah. Kita menikmati hal tersebut. Kita mengagumi hal tersebut. Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang awan. Ya awan atau kalian bisa sebut saja kumpulan uap air. Jangan salah, kumpulan uap air ini memiliki ilmu tentang bentuk-bentuknya, yang saya nikmati, and yes, you guess it right. Imma tell you about these things 😉

Awan itu apasih ?

Awan adalah kumpulan titik-titik air atau kristal es yang melayang-layang di atmosfer. Awan terjadi karena adanya proses kondensasi. Sedangkan kondensasi adalah proses berubahnya uap air menjadi air. Jadi….. kalo kalian nyebut awan sebagai uap air, salah ya. Yang benar adalah titik-titik air.

Sebenernya gimana sih cerita terbentuknya awan-awan ?

Jadi, udara yang panas bermuatan uap air yang lembab lalu membubungi ke angkasa.Bila ia mencapai titik ketinggian tertentu, maka udara panas itu akan menjadi dingin. Pada titik suhu yang tersejuk ia tak mampu lagi memikul beban bahan uap yang lembab itu. Maka uap air itu akan menjadi tetesan – tetesan air atau gumpalan es sehingga menjelma dalam bentuk awan.

Ada apa aja sih bentuk-bentuk awan ?

Awan itu dibagi 3 bagian.

Awan yang rendah, mereka berada di ketinggian <6500 ft. Awan yang berada di ketinggian sedang, berada pada ketinggian antara 6500 ft. Samapai dengan 23000 ft. Sedangkan awan yang berada pada kategori awan yang tinggi, berada pada ketinggian 16500 ft. Sampai dengan 45000 ft.

Berikut adalah nama-nama awan berdasarkan genus species ketinggian dan variasi nya.

clouds

Sudah melihat daftar diatas ? banyak bukan ? selama ini mungkin sebagian besar hanya menganggap bahwa awan adalah gumpalan putih yang dapat membawa hujan, tapi dengan melihat daftar diatas, kita bisa mengetahui bahwa sesungguhnya awan pun sudah dibagi dan dimasukkan dalam klasifikasi-klasifikasi sendiri.

Berikut adalah gambar-gambar dan nama awan yang sering kita lihat.

  1. Cumulus

Cumulus
Awan ini merupakan awan yang paling sering kita temukan atau lihat. Awan ini dapat ditemukan dimanapun kecuali di antartika karena disana dingin. Bentuknya berupa gumpalan, ketinggian dari awan ini adalah 2000 ft sampai dengan 3000 ft. Awan ini ada 3 jenis.

  • Humilis , awan ini lebih lebar dari pada tinggi
  • Mediocris, awan ini memiliki perbandingan yang sama antara tinggi dan lebar
  • Congestus, awan ini lebih tinggi dari pada lebar.
  1. Cumulonimbus

Cumulonimbus

Agar awan ini ada, memerlukan beberapa kondisi. Yaitu memiliki sumber hangat dan atmosfir di sekitar awan yang tidak stabil.

  1. Stratus

Stratus

Awan ini merupakan yang terbentuk di ketinggian terendah yaitu 0 sampai dengan 6500 ft. Awan ini disebut juga dengan kabut. Awan ini terbentuk bila udara yang banyak secara mendadak mendingin di waktu yang sama.

  1. Stratocumulus

 

Stratocumulus

Bentuknya mirip dengan cumulus, biasanya juga terbentuk dari awan cumulus.

  1. Altocumulus

Altocumulus clouds

Letaknya tinggi sekitar 6500 ft sampai dengan 18000 ft. Isi dari awan ini adalah cairan air biasa dan kristal es. Bentuknya terpapar secara merata di langit

  1. Cirrus

cirrus clouds

Merupakan yang tertinggi dibanding awan-awan lainnya. Awan ini terkomposisi sepenuhnya oleh kristal es. Tingginya sekitar 16500 ft sampai dengan 45000 ft.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s